Friday 12 August 2011

Tips menggapai berkah di bulan suci ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan suci mulia dimana setiap bilangan detik hari-harinya penuh dengan keutamaan. Keutamaan yang di maksud disini adalah bahwasanya Allah akan memberikan berlipat-lipat pahala jika kita berbuat kebaikan, doa-doa kita dikabulkanNya dan Allah juga memberikan samudera ampunan bagi hamba-hambanya yang mau bertaubat. Selain itu, pada bulan ramadhan pula kitab suci al-qur’an diturunkan oleh Allah SWT. Mengingat begitu besarnya keutamaan yang ada di bulan ramadhan ini, sudah sepatutnya kita sebagai orang islam berusaha keras untuk memanfaatkan waktu yang hanya satu bulan ini dengan baik. Berikut beberapa Tips-Tips Menggapai Berkah di bulan suci Ramadhan :
1. Memperbanyak membaca al-qur’an
Pada bulan suci ramadhan al-quran diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Untuk membacanya kita tak boleh sembarangan, ada etikanya- Adab Membaca Al-qur’an, karena al-qur’an adalah kitab suci umat islam yang berisi petunjuk bagi umat sekalian alam (QS. Al-baqarah ayat 2). “Bacalah al-qur’an, karena sesungguhnya al-qur’an itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya” (HR. Muslim)
2. Memperbanyak sedekah
Sedekah merupakan tameng tolak balak, dari segala balak apapun misal: bencana alam, banjir, pencurian dll. Kalau toh sudah sedekah tapi masih juga kena balak, justru itu untuk mengangkat diri kita pada stadium/ maqom yang lebih tinggi, minimal akan menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi. Selain itu, manfaat sedekah juga bisa memanjangkan umur, menanamkan semangat silaturahim (QS. Al-baqarah ayat 274), merupakan tameng/benteng dari siksa neraka dan orang yang gemar bersedekah doanya mustajab.
3. Memperbanyak ibadah-ibadah sunah
Allah akan memberikan berkah pada orang-orang yang menghidupkan malam pada bulan ramadhan. Ibadah-ibadah sunah disini sangat banyak, seperti sholat sunah tarawih, rawatib, dhuha, hajat, tahajud, tasbih, witir, berdzikir dan lain-lain. Karena tidurnya orang berpuasa saja oleh Allah dinilai ibadah, apalagi ibadahnya orang yang berpuasa sudah pasti berlipat ganda pahalanya.
4. Memperbanyak berdo’a
Do’a Rasulullah ketika menyambut bulan ramadhan: ” Allahhumma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa ballighna ramadhan” artinya, Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan ramadhan“. (HR. At-tirmidzi dan Ad Darimi)
Rasul SAW bersabda bahwasanya ada 2 momentum penting yang harus kita jaga, jika kita benar-benar melakukannya dan berdoa Insya Allah doa kita akan tembus ke arsy Allah. Yang pertama, berdoa ketika sebelum berbuka dan yang kedua adalah berdoa ketika sahur. Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa Allah akan mengabulkan semua doa pada bulan ramadhan.
5. Menjauhi dari perkataan dan perbuatan yang jelek
Kita semua tahu bahwa dibulan suci ini setan-setan dibelenggu oleh Allah SWT. Namun, yang namanya hawa nafsu diri kadang sering tak terkendali. Memang musuh terbesar kita adalah hawa nafsu yang selalu mengajak kita untuk berbuat jelek. Yang namanya puasa adalah puasa dalam segala hal, artinya tidak hanya puasa makan dan minum saja tapi juga puasa menggunjing, melihat yang tak patut dilihat, mendengar yang tak patut didengar dan lain sebagainya intinya puasa dari hal-hal yang bisa mengurangi pahala bahkan membatalkan orang berpuasa.
Semoga dibulan suci ramadhan ini, kita bisa menjaga ibadah puasa kita dengan baik. Sehingga berkah ramadhan dan ridhoNya bisa kita raih…amin


No comments:

Post a Comment