Wednesday, 13 April 2011

.::: Ulasan Lengkap Konsep Pembangunan Flyover Casablanca Dari Sisi Maket Konstruksi, Tinggi Dan Desain Flyover Anti Macet :::.

Maket jalan layang Casablanca
Reviews of Advanced Concept Development Casablanca From Side Maket Flyover Construction, High Anti-Jam And Design Flyover
Sebuah jembatan (disebut flyover di Inggris dan sebagian besar negara-negara Persemakmuran) adalah sebuah jembatan, jalan, kereta api atau struktur serupa yang menyilang jalan atau rel kereta api lain. Sebuah jembatan dan underpass bersama-sama membentuk pemisahan kelas.

Di Amerika Utara, jalan layang adalah jembatan tingkat tinggi, dibangun di atas jalur layang utama, atau jembatan yang dibangun atas apa yang pernah menjadi persimpangan di kelas. Traffic insinyur biasanya mengacu kepada kedua sebagai pemisahan kelas. Jembatan juga bisa menjadi jalan ekstra ditambahkan ke sebuah pertukaran yang ada, baik menggantikan loop daun semanggi yang ada (atau sedang dibangun di tempat salah satu) dengan ramp, lebih tinggi lebih cepat yang beruang kiri. Jalan tersebut mungkin dibangun sebagai hak atau keluar kiri. seperti halnya flyover casablanca ( baca versi animasi ) ( baca juga Konsep MRT Dan Bus Terowongan Jakarta Dan Maket MRT Jakarta )

Berikut Ulasan lengkapnya seperti yang dirangkum http://fakta-dan-unik.blogspot.com dan http://animetg.blogspot.com

1. Maket Jalan Layang Casablanca

Pemerintah Jakarta akan membangun flyover atau jalan layang Casablanca. Jalan yang akan dibangun digadang-gadang bisa menyelesaikan kemacetan di Jakarta.

Jalan layang akan membentang dari Tanah Abang, Jakarta Pusat sampai Pondok Kopi, Jakarta Timur. Jalan ini panjangnya mencapai 5 kilometer.
Maket jalan layang Casablanca

Namun yang baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer. Yakni dari Jalan Satrio hingga Mas Mansyur.

Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter di atas tanah karena adanya monorel.

Maket jalan layang Casablanca

Ditargetkan dilaksanakan selama 630 hari atau 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Total nilai proyek pembangunan sebesar Rp737 miliar.

Untuk jalan layang Casablanca hingga Jalan Dr Satrio akan dibuat sumur resapan agar air dapat jatuh ke tanah dan tidak langsung masuk ke saluran. Sumur resapan memuat air pada hujan lebat hingga 2 jam, lebih dari itu air akan masuk langsung ke saluran.

Maket jalan layang Casablanca

Selain itu, ruas jalan layangnya juga diberikan jarak 2 meter agar cahaya matahari dapat tetap terkena tanaman di bawahnya.

Maket jalan layang Casablanca
Kawasan Casablanca memiliki aktivitas lalulintas yang sangat tinggi, maka selama pembangunan dipastikan macet parah. Sistem buka tutup jalan hanya satu-satunya cara. "Tidak akan mungkin diberlakukan sistem pengalihan jalan," ujar Kepal Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo.

Maket jalan layang Casablanca

Masyarakat diimbau untuk mencari jalan alternatif lain apabila tidak ingin terjebak kemacetan selama pembangunan berlangsung. "Risikonya memang seperti itu kalau ada pembangunan. Tidak ada pengalihan jalan, semua jalan sudah penuh juga," ujarnya.

Maket jalan layang Casablanca

2. Maket Konstruksi Beton Flyover Casablanca

DKI Jakarta akan membangun flyover atau jalan layang Casablanca. Jalan yang akan dibangun digadang-gadang bisa menyelesaikan kemacetan di Jakarta.

Jalan layang akan membentang dari Tanah Abang, Jakarta Pusat sampai Pondok Kopi, Jakarta Timur. Jalan ini panjangnya mencapai 5 kilometer.

Namun yang baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer. Yakni dari Jalan Satrio hingga Mas Mansyur.

Jalan layang ini akan menggunakan konstruksi beton. Yakni, dengan pondasi bored pile, pier beton, portal beton dan box girder segmental.

Konstruksi beton jalan layang Casablanca

Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter di atas tanah karena adanya monorel.

Ditargetkan dilaksanakan selama 630 hari atau 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Total nilai proyek pembangunan sebesar Rp737 miliar.

Konstruksi beton jalan layang Casablanca

Untuk jalan layang Casablanca hingga Jalan Dr Satrio akan dibuat sumur resapan agar air dapat jatuh ke tanah dan tidak langsung masuk ke saluran. Sumur resapan memuat air pada hujan lebat hingga 2 jam, lebih dari itu air akan masuk langsung ke saluran.

Konstruksi beton jalan layang Casablanca

Selain itu, ruas jalan layangnya juga diberikan jarak 2 meter agar cahaya matahari dapat tetap terkena tanaman di bawahnya.

Konstruksi beton jalan layang Casablanca
Kawasan Casablanca memiliki aktivitas lalulintas yang sangat tinggi, maka selama pembangunan dipastikan macet parah. Sistem buka tutup jalan hanya satu-satunya cara. "Tidak akan mungkin diberlakukan sistem pengalihan jalan," ujar Kepal Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo.

Masyarakat diimbau untuk mencari jalan alternatif lain apabila tidak ingin terjebak kemacetan selama pembangunan berlangsung. "Risikonya memang seperti itu kalau ada pembangunan. Tidak ada pengalihan jalan, semua jalan sudah penuh juga," ujarnya.

3. Berapa Tinggi Jalan Layang Casablanca?

Maket jalan layang Casablanca
Proyek pembangunan jalan layang non tol Tanah Abang-Kampung Melayu sudah memasuki tahap pengeboran pondasi. Dinas Pekerjaan Umum telah berkordinasi dengan sejumlah instansi terkait atas pengerjaan ini.

Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Novizal menjelaskan, upaya koordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya telah dilakukan. Mengingat, di sepanjang jalan layang itu terdapat utilitas pipa air baku dari Kalimalang ke Jalan Penjernihan, Pejompongan, Jakarta Pusat. Sehingga pengeboran pondasi belum dapat dilakukan.

"Kami belum bisa lakukan pengeboran untuk tiang bor, khususnya di kawasan Casablanca. Karena masalah utilitasi di kawasan jalan layang ini lebih rumit dan kompleks dibandingkan jalan layang Antasari-Blok M," kata dia.

Namun saat ini, pemindahan utilitas sedang diupayakan diselesaikan secepatnya, sehingga pekan depan pengeboran sudah bisa dilakukan.

Sementara terkait masalah dampak lingkungan terkait pembangunan proyek ini sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Eri Basworo, mengklaim bahwa pembangunan jalan layang Tanah Abang- Kampung Melayu telah memikirkan dampak lingkungan.

Hal itu sesuai dengan permintaan Gubernur DKI, Fauzi Bowo untuk membangun jalan layang dengan ketinggian 10 meter. Sehingga dapat dimungkinkan dilakukan penanaman pohon di bawahnya.

"Dengan tinggi yang demikian maka jalan layang tidak akan menghalangi sinar matahari masuk ke bawah jalan layang. Sehingga pohon dapat tumbuh," ujarnya.

Maket jalan layang Casablanca

Selain itu, pihaknya juga membangun sumur resapan agar air dapat jatuh ke tanah dan tidak langsung masuk ke saluran. Sumur resapan memuat air pada hujan lebat hingga 2 jam, lebih dari itu air akan masuk langsung ke saluran. Selain itu, ruas jalan layangnya juga diberikan jarak 2 meter agar cahaya matahari dapat tetap terkena tanaman di bawahnya.

Untuk pembangunan jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang sepanjang 2,3 kilometer, yang baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer yaitu Jalan Satrio hingga Mas Mansyur.

Sedangkan Kampung Melayu dan Tanah Abang sepanjang 5 kilometer masih dilakukan tendernya. Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter di atas tanah karena adanya monorel.

4. Desain Antimacet Jalan Layang Casablanca

Arus lalulintas di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Desember 2011 pagi ini macet total. Kemacetan mulai sejak dari kawasan Pondok Kopi hingga ke Jalan Satrio.
Maket jalan layang Casablanca
Kemacetan salah satunya disebabkan dengan adanya proyek Pemerintah Jakarta yang tengah membangun flyover atau jalan layang Casablanca. Jalan yang akan dibangun digadang-gadang bisa menyelesaikan kemacetan di Jakarta hingga 30 persen.

Jalan layang akan membentang dari Tanah Abang, Jakarta Pusat sampai Pondok Kopi, Jakarta Timur. Jalan ini panjangnya mencapai 5 kilometer.

Maket jalan layang Casablanca

Namun yang baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer. Yakni dari Jalan Satrio hingga Mas Mansyur.

Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter di atas tanah karena adanya monorel.

Maket jalan layang Casablanca

Ditargetkan dilaksanakan selama 630 hari atau 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Total nilai proyek pembangunan sebesar Rp737 miliar.

Untuk jalan layang Casablanca hingga Jalan Dr Satrio akan dibuat sumur resapan agar air dapat jatuh ke tanah dan tidak langsung masuk ke saluran. Sumur resapan memuat air pada hujan lebat hingga 2 jam, lebih dari itu air akan masuk langsung ke saluran.

Maket jalan layang Casablanca

Selain itu, ruas jalan layangnya juga diberikan jarak 2 meter agar cahaya matahari dapat tetap terkena tanaman di bawahnya.

Kawasan Casablanca memiliki aktivitas lalulintas yang sangat tinggi, maka selama pembangunan dipastikan macet parah. Sistem buka tutup jalan hanya satu-satunya cara. "Tidak akan mungkin diberlakukan sistem pengalihan jalan," ujar Kepal Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo.

Maket jalan layang Casablanca

Masyarakat diimbau untuk mencari jalan alternatif lain apabila tidak ingin terjebak kemacetan selama pembangunan berlangsung. "Risikonya memang seperti itu kalau ada pembangunan. Tidak ada pengalihan jalan, semua jalan sudah penuh juga," ujarnya.

5. Penutupan Jalan Casablanca

Proyek jalan layang Casablanca memasuki tahap pembangunan fondasi tiang jalan. Itu sebabnya Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta semenjak pukul 06.00 WIB pagi ini, Selasa, 12 April 2011, menutup sebagian ruas jalan dari arah Sudirman ke Casablanca. Penutupan hanya diberlakukan sepanjang 70 meter. Artinya, jalan dari arah Tanah Abang via fly over Sudirman menuju Ambassador, Kuningan, dan Kampung Melayu masih bisa dilewati.

berikut Ulasannya seperti yang dirangkum http://fakta-dan-unik.blogspot.com dan http://animetg.blogspot.com

- Jalan di samping fly over Sudirman arah jalan Satrio ditutup untuk sementara waktu terkait pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca
penutupan jalan casablanca

- Kendaraan melintasi lokasi proyek pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca
penutupan jalan casablanca

- Kendaraan melintasi lokasi proyek pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca
penutupan jalan casablanca

- Jalan di samping fly over Sudirman arah jalan Satrio ditutup untuk sementara waktu terkait pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca.
penutupan jalan casablanca

- Jalan di samping fly over Sudirman arah jalan Satrio ditutup untuk sementara waktu terkait pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca.
penutupan jalan casablanca

- Kendaraan bermotor melintasi lokasi proyek pembangunan fondasi jalan layang non tol atau fly over Casablanca.
penutupan jalan casablanca



Jangan Lupa comment dan rate ya?jika commentnya dalam bentuk pertanyaan. nanti saya jawab di komment juga

No comments:

Post a Comment